BEBAS BIAYA

Ma'had Aly Hasyim Asy'ari memberikan layanan pendidikan tanpa memungut biaya. Bebas biaya yang dimaksud meliputi biaya kuliah, uang gedung, dan asrama. Siapapun yang lolos seleksi penerimaan mahasantri baru akan secara otomatis mendapatkan fasilitas bebas biaya tersebut tanpa harus mengurusi persyaratan apapun.

Pembebasan atas biaya studi tersebut diberikan oleh Ma'had Aly Hasyim Asy'ari dari uang yang diberikan oleh Yayasan Hasyim Asy'ari. Dengan kata lain, biaya-biaya pelaksaan dan penunjang kuliah yang pada umumnya dipungut dari pelajar perguruan tinggi tidak dilakukan oleh Ma'had Aly Hasyim Asy'ari. Sebagai gantinya, biaya tersebut ditanggung oleh Yayasan Hasyim Asy'ari.

Yayasan Hasyim Asy'ari berani memberikan biaya tersebut karena dua hal. Pertama, pendirian Ma'had 'Aly memang merupakan progam yayasan dalam mengantisipasi kemerosotan kemampuan santri Pesantren Tebuireng dalam mendalami kitab kuning. Kedua, mahasantri Ma'had Aly Hasyim Asy'ari yang telah dibiayayai secara gratis akan diminta kesediaannya untuk membantu menyuplai sumber daya manusia di Pondok Pesantren Tebuireng atau instansi lain sesuai kebutuhan yang ada. Oleh karenanya, semua mahasantri diwajibkan mengabdi selama dua tahun, satu tahun di tahun terakhir kuliah (semester tujuh dan delapan) dan satu tahun setelah lulus.