Blog

Harapan Besar Dibalik Kunjungan Pesantren Al-Ikhlas Bone Sulawesi

Kunjungan Sulawesi
Berita

Harapan Besar Dibalik Kunjungan Pesantren Al-Ikhlas Bone Sulawesi

Para Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, Sulawesi Selatan mengadakan kunjungan ke Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Senin (12/09/22). Meskipun Ma’had aly bukan menjadi satu-satunya tujuan dibalik kunjugan tersebut ada harapan besar yang ingin disampaikan kepada unit pesantren Jawa yang menjadi pilihannya.

Sejak menginjakkan kaki di pulau jawa, sebelum ke Tebuireng, rombongan sudah melakukan perjalanan ke beberapa tempat seperti, Situbondo, Sukerejo, Pesantren walisongo, lirboyo.

Bapak Saharuddin selaku wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Bone sekaligus termasuk dari rombongan tersebut, menyatakan bahwa tujuan kunjungan perdana ke Ma’had Aly Hasyim Asy’ari selain untuk melakukan silaturahmi, Rombongan juga bertujuan untuk menjalin kerjasama terkait pengadaan guru kitab kuning. Hal ini disebabkan karena minimnya SDM pengajar yang ahli dibidang keagamaan terutama kitab kuning di pulau Sulawesi, terkhusus di Pesantren Al-Ikhlas Bone.

Alasan dilakukannya kerjasama ini bukan dikarenakan kurangnya keilmuan dalam pengajaran para santri di Pesantren Al-ikhlas tapi karena ditemukannya pola yang berbeda dalam metode pembinaan para santri. Sehingga wakil pimpinan pesantren ini, sangat berharap kebutuhan SDM dapat terpenuhi setelah melakukan rihlah untuk bekerjasama dengan mengunjungi beberapa pesantren di Jawa timur dengan tujuan agar berkenanan menjadi salah satu pengajar yang diharapkan.

“Dengan sama-sama mempelajari kitab ta’lim muta’alim di pondok, tapi cara penerapan santri di jawa timur ini mampu dengan baik untuk di terapkan dalam keseharian. Sedangkan di pesantren kami, sentuhan-sentuhan kitab masih belum di miliki para santri,” terangnya.

Diakhir penutupan wawancara beliau menyampaikan pesan kepada kita khususnya mahasantri untuk menjadi santri yang bukan hanya mementingkan ilmu yang tinggi, akan tetapi juga mampu menerapkannya seperti halnya memiliki moralitas dan akhlakul karimah.

Kontributor: Alfi Barokah

Editor: Syofiatul Hasanah

Leave your thought here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *