Interaksi Sosial Muslim Dengan Non Muslim

Senin (07/10/19), Dewan Mahasantri (DEMA) Ma'had Aly Hasyim Asy'ari (MAHA) Tebuireng mengadakan kegiatan diskusi panel yang bertemakan "Interaksi Sosial Muslim Dengan Non Muslim; Kajian Turots". Kegiatan ini diadakan di Aula MAHA dan diikuti oleh ratusan mahasantri aktif.

Dalam diskusi panel kali ini, panitia menghadirkan empat orang penyaji yaitu Ahmad Jaelani, Muafi Jazuli, Ahmad Wasil Syahir, dan Ilham Shiddiq, serta satu orang pembanding yaitu Hendri Agustiawan, S.H. Para penyaji memaparkan hasil kajiannya terkait masalah yang sedang didiskusikan dalam perspektif empat hal yang masing-masing berbeda; Quran, Hadis, aqidah & tasawuf, dan fikih.

Kegiatan diskusi berlangsung ramai, terlihat dari antusias peserta dalam mengajukan pertanyaan. Tidak kalah pula jawaban dari para penyaji yang cukup memahamkan para peserta.

Salah satu penyaji, Ahmad Wasil Syahir, mengungkapkan bahwa orang muslim tetaplah harus berbuat baik terhadap non muslim selama mereka tidak bersikap memerangi. "Kita sebagai orang muslim ya harus tetap baik pada mereka, rukun, dan lain sebagainya dalam interaksi sosial. Tetapi secara keyakinan atau aqidah, ya kita harus menolak," tuturnya.

Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) DEMA MAHA, Ilham Zidal Haq, bahwa kegiatan ini didakan dalam rangka menanggapi permasalahan yang sedang viral. "Dalam rangka menanggapi permasalahan yang sedang viral dan rame sekarang ini, kita kaji dalam banyak perspektif, supaya menghasilkan kesimpulan yang komprehensif dan maslahah," pungkasnya. (Yogi)

Comments are closed.