Keyakinan yang Kokoh itu Penting

Dalam rangka memperingati Isro’ Mi’roj, Mahad Aly Hasyim Asy’ari mengadakan kegiatan kuliah umum pada Senin malam, 22 Maret 2021. Kegiatan yang mengusung tema  “Rasionalisasi Peristiwa Isro’ Mi’roj dalam Perspektif Keilmuan Modern” ini diisi oleh Ketua PWNU Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar.

Marzuki Mustamar mengatakan bahwa Isro’ dan Mi’roj merupakan ajang pembuktian kebenaran untuk memantapkan keyakinan. Pada peristiwa istimewa ini, Nabi Muhammad ditunjukkan langsung surga, neraka, dan sebagainya. “Kokoh dulu, itu penting,” ucap beliau. Keyakinan merupakan hal yang harus dimiliki pertama kali. Apalagi sebagai pemimpin, tanpa keyakinan yang kuat tentu akan mudah terjerumus pada godaan-godaan yang ada.

Tidak hanya berbicara tentang Isro’ Mi’roj, KH. Marzuki Mustamar juga menyampaikan tentang penyebab munculnya perbedaan para ulama. Bagaimana menyentuh wanita bisa menjadi sesuatu yang membatalkan wudhu dalam Mazhab Syafi’i, bagaimana qunut bisa dihukumi sunnah, dan bagaimana-bagaimana yang lain. Dengan demikian, para hadirin dan mahasantri dilatih menganalisis proses pembentukan pendapat para ulama yang diikuti sehingga tidak menjadi orang yang sekadar ikut-ikutan saja dan menambah kemantapan dalam mengikuti pendapat tersebut. (Indah Kurnia)

Comments are closed.