Blog

Kunjungan MA Zamakhsari di MA Hasyim Asy’ari, Ini Harapannya

IMG-20220221-WA0026
Berita

Kunjungan MA Zamakhsari di MA Hasyim Asy’ari, Ini Harapannya

Tebuireng, 21 Februari 2022. Ma’had Aly Zamakhsari Malang melakukan kunjungan di Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, Tebuireng. Rombongan tersebut tiba di Tebuireng pada pukul 13.30 WIB. Agenda ini dibawahi langsung oleh Mudir Ma’had Aly Zamkhsari, KH. Athoillah. Mereka disambut hangat oleh Mudir Ma’had Aly Hasyim Asy’ari dan juga beberapa dosen dan staf. Harapannya Ma’had Aly Zamakhsari dapat belajar dari Ma’had Aly Hasyim Asy’ari ini. “Saya harap nanti mendapat sesuatu yang dapat diterapkan. Karena waktu kali pertama melakukan kunjungan, saat itu masih di gedung Muallimin, kami sudah melihat bahwa Ma’had Aly Hasyim Asy’ari berkembang. Dan saat ini, kunjungan kedua kami, sudah melihat bahwa Ma’had Aly ini berkembang lebih pesat lagi.”

Pengasuh Tebuireng saat itu KH. Yusuf Hasyim resah atas menurunnya kualitas salaf di Tebuireng, meskipun tidak sepenuhnya. Atas dasar itu beliau ingin mendirikan lembaga pengaderan sebagai pembimbing, pengajar para santri di Tebuireng. Dan pengasuh saat itu mulai dari KH. Yusuf Hasyim sampai KH. Salahudin Wahid mendukung penuh pendirian dan pengembangan Ma’had Aly Hasyim Hasyim Asy’ari.

Dari pengasuh memang meminta dalam upaya pengembangan Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, agar memiliki kualitas ideal. Jadi kami dari civitas pendiri membuat draf Naskah Akademik kurikulum Ma’had Aly Hasyim Asy’ari.  Mulai dari tenaga pendidik yang diseleksi dengan ketat. Yakni, seluruh tenaga pengajar minimal mempunyai kemampuan bahasa Arab aktif dan kitab kuning yang kuat. Selain itu, Gus Sholah juga memberikan assesor terhadap tenaga pengajar melalui kerja sama dengan UNESA dan UNAIR. Fasilitas gedung Ma’had Aly ini juga merupakan bentuk jariyah dari Pengasuh Pesantren Tebuireng saat ini, KH. Abdul Hakim Mahfudz.

Di bidang keilmuan kami juga menyiapkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  (LP2M). Program-program yang digelontorkan oleh LP2M sangat mendukung  pengembangan keilmuan di Ma’had Aly. Ada beberapa cara yang digunakan, mulai dari program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), jurnal Nabawi, dan bimbingan skripsi. (Yuniar Indra)

Leave your thought here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.