Blog

Latihan Gabungan Kudaireng Luring di KMGD

Kuda Ireng Maha
Berita

Latihan Gabungan Kudaireng Luring di KMGD

UKM KUDAIRENG MAHA (Kumpulan Da’i Tebuireng Ma’had Aly Hasyim Asy’ari) kembali menggelar latihan mingguan gabungan, yang diikuti mahasantri putra dan putri (19/01/22). Kegiatan yang biasanya berlangsung di asrama masing-masing, kali ini dilaksanakan di KMGD (kawasan makam Gus Dur) tepatnya di Museum Nasional KH. M. Hasyim Asyari (MINHA). Meskipun perkuliahan telah berlangsung dalam sistem luring dan daring telah berjalan sejak Juni 2021, namun latihan gabungan baru dilaksanakan perdana.

Latihan yang disambut antusias oleh segenap anggota UKM ini, diawali dengan arahan dari ketua Kudaireng maha dan dilanjutkan dengan latihan di berbagai sudut museum. Sofian Hadi selaku ketua Kudaireng maha ini menuturkan bahwa pemilihan tempat di KMGD bertujuan untuk melatih mental para anggota.

“Kenapa tidak dilaksanakan di kampus Ma’had Aly Hasyim Asyari ? Kenapa harus di KMGD (kawasan makam Gus Dur), tidak lain dan tidak bukan untuk melatih mental para maha santri ketika berhadapan di khalayak banyak orang, dikarenakan di KMGD itu banyak para peziarah berdatangan dari seluruh Indonesia,” papar Sofiyan.

Kegiatan ditutup dengan arahan oleh ketua Kudaireng, ia berterima kasih kepada seluruh anggota Kudaireng.  “Terima kasih kepada seluruh anggota dan pengurus Kudaireng yang telah sangat bersemangat mengikuti latihan, karena kami dahulu waktu Covid-19 itu latihannya secara virtual dan itu tidak efektif,” pungkasnya.

Adapun anggota UKM umumnya adalah mahasantri semester 2, dengan pembimbing dari mahasantri semester 4.