Blog

MAHA Tebuireng Juarai Festival Bedug Se-Jawa Timur

COVER
Berita

MAHA Tebuireng Juarai Festival Bedug Se-Jawa Timur

Ma’had Aly Hasyim Asyari menangkan juara III (3) Festival Bedug Takbir Keliling Se- Jawa Timur, bertempat di Kawasan Makam Gus Dur (KMGD)Tebuireng Jombang pada malam Sabtu, 9 Dzulhijjah 1443 H (9/8/2022).

Peserta festival ini tak lain berasal dari Pesantren Jombang, Adapun nama grup yang bergabung yakni delegasi  Pacul Gowang (Ontokusumo), Cukir (Madrasatul Qur’an), Jombang ( Majelis Al-Madinah, Laskar Santri dan Laskar Hizbullah), Tebuireng (Ma’had Aly Hasyim Asyari, Denanyar (Mambaul Maarif).

“Alhamdulillah tahun ini kita sudah dapat melaksanakan takbiran di tempat terbuka ini. Kita patur bersyukur situasi semakin membaik even ini adalah even tahunan yang diadakan di pesantren Tebuireng ,” ujar ketua pondok pesantren Tebuireng,  Moch Slamet habib dalam sambutannya.

Selama dua tahun kegiatan takbir keliling maupun keramaian di malam 9 Dzulhijjah menjelang Hari Raya Idul Adha ditiadakan dikarena pandemi covid-19. Namun tahun ini kegiatan tersebut sudah dibolehkan dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan yakni diwajibkan memakai masker.

Para peserta menyambut baik kegiatan di kawasan makam gus dur ini. Para peserta membawa obor sambil menggemakan takbir. Suasana KMGD pada malam itu bagaikan lautan karena banyak sekali antusiasme masyarakat sekitar bahkan seluruh santri Pesantren Tebuireng ikut serta dalam memeriahkan malam takbiran Hari Raya Idul Adha.

Fathun Niam, salah satu peserta dari delegasi Ma’had Aly Hasyim Asyari merasa sangat bersyukur dan senang akan juara ini, “Kami merasa senang sekali bisa mengikuti even yang dilaksanakan setiap tahun sekali ini dan kami perdana mengikuti festival ini alhamdulillah mendapatkan Juara serta dapat mengharumkan nama baik kampus Mahad Aly,” Ungkapnya.

Oleh : Erik & Syofi

Leave your thought here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.