Ma’had Aly Balekambang Study Banding ke Ma’had Aly Tebuireng

Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng menerima kunjungan dari Ma’had Aly Balekambang Jepara. Kunjungan ini bermaksud untuk melakukan Studi banding antara dua Ma’had Aly yang sama-sama bergelut di bidang hadits dan ilmu hadits (26/9/2018). Kedatangan mereka disambut hangat oleh jajaran dosen dan mahasantri Ma’had Aly Tebuireng.

“Kepada Kyai Hannan dan Kyai Syakir, kami mohon nasehatnya kepada mahasantri kami supaya giat belajar dan fokus dengan apa yang sedang digeluti saat ini, yaitu ilmu hadits. ” ungkap Ustadz Nurudin Lubis, selaku mudir Ma’had Aly Balekambang Jepara dalam sambutannya.

Sementara Ustadz Nur Hanan, Lc., mudir Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng menyampaikan bahwa Ma’had Aly Balekambang Jepara pernah menjadi tuan rumah lomba MQK (Musabaqoh Qiro’atul Kutub) Nasional pada tahun 2017. “Dengan adanya Studi Banding ini, saya berharap dapat menjalin hubungan silaturahmi, menambah keakraban, saling memberi informasi dan pengalaman. Semoga Ma’had Aly Tebuireng juga bisa berkunjung ke sana,” imbuh beliau.

Supaya lebih mengenal lebih jauh, pengurus BEM memutarkan profil Ma’had Aly Tebuireng kepada mereka. Untuk kemudian diperjelas lagi oleh penjelasan mudir Ma’had Aly Tebuireng, sehingga menciptakan pertanyaan bagi mereka yang dikemas dalam sesi tanya jawab.

Untuk sambutan yang terakhir, disampaikan oleh Syekh Bilal, beliau berbicara tentang Adabul ‘Alim wal Muta’allim yaitu salah satu kitab karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari telah di-tahqiq oleh almarhum Gus Ishomuddin Hadziq yang menerangkan tentang akhlak guru dan akhlak akhlak murid. Beliau memotivasi seluruh mahasantri supaya tidak terlambat masuk kelas ketika jam kuliah berlangsung.

“Programnya sangat baik, sehingga dapat memberi motivasi kami dari Ma’had Aly Balekambang”, kesan Nafakhatus Sakhariyah salah satu mahasantri Ma’had Aly Balekambang semester tiga yang turut serta dalam study banding tersebut. Nafkha juga berpesan untuk selalu menjadi mahasantri yang berprestasi dan rendah hati. (Anis/Sutan)

No Comments Yet.

Leave a comment