Ma’had Aly Pembentuk Generasi Penerus Masayikh

Dalam rangka acara Muhadharah ‘Ammah bersama Dirjen Pendis Kemenag RI, yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2021 di aula lantai tiga Gedung Yusuf Hasyim Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Nur Hannan selaku Mudir Ma’had Aly Hasyim Asy’ari menyampaikan beberapa poin dalam sambutannya yakni:

Pertama, Keluarga Besar Ma’had Aly Hasyim Asy’ari dan Civitas Akademika mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Pendis Kemenag RI yang telah berkenan hadir dan mengisi acara.

Kedua, beliau melaporkan kepada Prof. Dr. H. Ali Ramdhani, Dirjen Pendis Kemenag RI terkait perkembangan Ma’had Aly dari waktu ke waktu. Beliau tak hanya memaparkan perkembangan Ma’had Aly Hasyim Asy’ari saja melainkan seluruh Ma’had Aly di Indonesia yang turut andil dalam pembentukan mejelis generasi penerus Masyayikh. Beliau juga meminta doa kepada seluruh peserta agar dapat mengemban amanah sebagai Ketua Masyayikh Pondok Pesantren Se-Indonesia.

Tak lupa, beliau menyampaikan kisah terbentuknya Ma’had Aly dan juga sejarah perkembangannya dari waktu ke waktu. Mulai awalnya hanya menerima Mahasantri putra berkembang menjadi menerima Mahasantri putri, dan yang pada awalnya takhasus Ilmu Fiqh menjadi takhasus Ilmu Hadis.

“Ma’had Aly Hasyim Asy’ari memiliki standar dalam menerima calon Mahasantri yakni dengan standar membaca kitab kuning ala pesantren. Alumni Ma’had Aly Hasyim Asy’ari akan disebar dan ditempatkan di beberapa pondok cabang Tebuireng dan juga Pondok Tebuireng pusat sebagai bukti pengabdian dan penerimaan terhadap ilmu yang di dapatkan”.

Terakhir beliau berharap bahwasannya Alumni Ma’had Aly Hasyim Asy’ari dapat membantu pesantren-pesantren yang lain di seluruh Indonesia. (Fitria Muktisari/Dinar)

Comments are closed.