Mahasantri Tidak Meninggalkan Berjamaah di Masjid

Ma’had Aly Hasyim Asy’ari mengadakan kegiatan Pekan Orientasi Mahasantri Baru (POSMABA) di Kampus Ma'had Aly Hasyim Asy'ari pada tanggal 16-18 Juni 2021. Kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan Ma'had Aly kepada mahasantri baru ini dilaksanakan secara tatap muka.

Kegiatan POSMABA 2021 mengusung tema "Transmisi Hadis di Era Digital dan Implikasinya dalam Studi Hadis". Tema ini dipilih karena dinilai sesuai dengan zaman sekarang. Di mana teknologi telah memasuki berbagai aspek kehidupan termasuk bidang keagamaan.

"Transmisi sendiri berarti pengembangan. Sedangkan implikasi adalah kontribusi. Sehingga transmisi hadis di era digital dan implikasinya dalam bidang hadis merupakan bagaimana peran kita sebagai calon muhadditsin dalam mengembangkan hadis di era 4.0" ungkap Manzilus Syifa, Ketua Panitia POSMABA 2021.

Kegiatan ini dibuka oleh KH. A. Syakir Ridwan, Lc. selaku Wakil Mudir Bidang Kurikulum. Dalam sambutan yang beliau sampaikan, KH. A. Syakir Ridwan memaparkan beberapa hal termasuk asal-usul didirikannya Ma’had Aly Hasyim Asy’ari yang diprakarsai oleh KH. Yusuf Hasyim ini, harapannya menjadi lembaga pencetak kader-kader penerus perjuangan ulama, utamanya dalam bidang hadis.

Selain itu, beliau juga menyampaikan pesan dari Mudir Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, KH. Nur Hannan, Lc., M.HI agar para mahasantri tidak meninggalkan salat  berjamaah di masjid. Hal ini sesuai dengan visi Ma’had Aly Hasyim Asy’ari untuk mencetak kader yang unggul dalam menguasai tradisi salafussalih baik dalam hal ilmiah maupun amaliah.

Dalam acara pembukaan kegiatan POSMABA 2021, Mahasantri putri juga mempersembahkan penampilan spesial yakni Tari Saman, tarian asal Aceh yang mengandung unsur keagamaan, pendidikan, sopan santun, dan kebersamaan. (Indah Kurnia/Naila)

Comments are closed.