Membuat Keset Dengan Benang Wol

Jum’at (14/02/2020) Menteri Pemberdayaan Wanita Ma’had Aly Hasyim Asy’ari (MENPAWA), mengadakan kegiatan untuk mahasantri putri dengan tema “Membuat Keset Dengan Memanfaatkan Benang Wol.” Kegiatan ini bertempat di aula lantai 2 kampus dan dilaksanakan pada jam 08.30 – 11.30

Dalam kegiatan ini seluruh mahasantri putri dibagi menjadi 4 kelompok dan masing-masing kelompoknya terdiri dari 8 orang. Sehingga akhirnya menghasilkan 4 buah kreasi keset yang memanfaatkan benang wol.

Tujuan diadakanya kegiatan ini untuk menumbuhkan jiwa kreatif mahasantri putri untuk terus berkarya seperti dawuh Nyai HJ. Nur Laili Rahma yang karib disebut Bu Lilik, selaku pemateri keputrian di Pondok Pesantren Salafiyah Khoiriyah Hasyim Asy'ari. “Kalau kita kreatif, kita tidak akan kelaparan,” ungkap beliau.

Kemampuan seperti ini menjadi bekal  bagi mahasantri putri sendiri di masa mendatang untuk terus berekreasi memanfaatkan barang yang belum terlihat manfaatnya menjadi barang yang berguna. Kemudian menjadikan barang sederhana tersebut menjadi barang yang besar manfaatnya, seperti kreasi keset dengan memanfaatkan benang wol ini contohnya.

“Mahasantri putri dituntut untuk seberapa bisa mereka berkreasi, dan Menpawa telah mewadahinya dengan mengadakan kegiatan ini. Kegiatan ini telah kami ajukan yang berbentuk proposal kepada KH. Mutoharun Afif, dan beliau menyetujuinya.” Zakiyatul Maghfiroh selaku Koordinator Menpawa saat diwawancarai.

Hasil kreasi mahasantri dapat ditata di ruang Idaroh dan ruang-ruang lainya yang ada di Ma’had Aly Hasyim Asy’ari atau dikelola dengan menjualnya. Adapun penggagas ide membuat keset dengan memanfaatkan benang wol adalah koordinator Menpawa sendiri.

Acara berjalan dengan lancar dan menghasilkan hasil yang sangat memuaskan. Bahkan tak sedikit para mahasantri putri yang ingin membuatnya kembali untuk dimanfaatkan di rumahnya atau di kamarnya. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasantri putri untuk menambah kekreatifan dalam menjadikan barang yang bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain. (Naila)

Comments are closed.