Ospek Mahad Aly Hasyim Asy’ari 2017, Berkenalan dan Berteman dengan Hadis

Untuk mengenalkan dan membangun jiwa memiliki kampus, Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng mengadakan serangkaian acara yang digunakan untuk penggemblengan mahasantri baru. Orientasi dan Pengenalan Kampus (Ospek) merupakan acara yang dimaksudkan untuk pengenalan dan penyambutan mahasantri baru yang diadakan pada Kamis (27/072017) di aula Ma’had Aly Hasyim Asy’ari.

Pada pembukaan Ospek MAHA 2017 yang mengangkat tema “Berkenalan dan Berteman dengan Hadits”, hadiri Mudir Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, KH. Nur Hannan., Lc., M.Hi., serta peserta Ospek dan panitia. Acara Pembukaan Ospek dimulai pada pukul 09.00 WIB oleh saudara Ahmad Azmi Ahsantu Dhonni selaku pembawa acara yang dibuka dengan pembacaan surat Al-Fatihah. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh saudara Dayan Fithoroini dengan suara yang merdu.

Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Panitia Ospek 2017, M. Choirus Sholeh. “Untuk Ospek tahun ini, kami mengambil tema ‘Berkenalan dan Berteman dengan Hadits’. Yang dimaksud dengan berkenalan adalah kalian (mahasantri baru) akan mempelajari materi yang telah kami siapkan tentang hadits dan saling mengenal tentang adanya program pendidikan Hadits dan Ilmu Hadits yang akan menjadi gambaran kalian kedepan,” ungkap mahasantri asal Probolinggo itu.

Ia menjelaskan yang dimaksud dengan ‘berteman’ adalah hasil dari Ospek ini akan jadi tumpuan para mahasantri baru dalam menjalani program pendidikan ke depan. Menurutnya, apabila mata kuliah dan materi dianggap teman, akan menjadi lebih mengasyikkan, sehingga mudah menerima pelajaran.

Sambutan dilanjutkan oleh saudara Fatikhuddin selaku ketua Badan Eksekutif (BEM) Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari. Ia menjelaskan bahwa Ospek kali ini mendapat salam dari AIS Ma’had Aly Nusantanra. “Untuk tema tahun ini, sangat sederhana tapi banyak makna yang bisa kita dapatkan dari tema Ospek ini. Saya berharap semoga kalian bisa meneruskan perjuangan KH. Hasyim Asy’ari selaku ulama’ muhadditsin yang tersohor,” katanya.

Mudir Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, KH. Nur Hannan Lc., M.Hi. menyampaikan bahwa mahasantri baru yang sudah diterima di Ma’had Aly harus paham akan pelajaran yang akan ditempuh nantinya. Beliau juga mengutip perkataan Bapak M. Rusydi yang disampaikan saat matrikulasi, “Jangan takut setelah lulus dari Ma’had Aly Hasyim Asy’ari tidak punya lapangan pekerjaan, yang terpenting adalah menguasai ilmunya terlebih dahulu”.

Selain itu, beliau juga mengutip pernyataan Prof. Dr. Nasaruddin Umar “Empat atau lima dari kalian semua adalah orang yang dicari masyarakat nantinya, jadi bersyukurlah kalian di Ma’had Aly,” terang beliau. (Tajuddin/Abror)

No Comments Yet.

Leave a comment