Pengajian Kitab dan Ijazah Hadis dalam Peringatan Maulid Nabi

Ma’had Aly Hasyim Asy’ari mengadakan Pengajian Kitab Ad-Diba’i dan Ijazah Hadis Musalsal dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, Sabtu, (31/11/2020). Acara ini diselenggarakan di pondok Al-Hasyim, Mayangan Jombang dan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Taufiqurrahman menjelaskan bahwa memperingati maulid Nabi Muhammad Saw. merupakan bentuk ibadah yang agung. Berbeda dengan ibadah lainnya yang dilaksanakan secara individu oleh seorang hamba. Bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw. merupakan satu-satunya ibadah yang Allah dan para malaikat pun ikut serta melaksanakannya.

Memperingati maulid Nabi Muhammad Saw. sebagai wujud dari rasa syukur terhadap kelahiran Nabi Muhammad Saw. memiliki keutamaan yang sangat besar. Berbahagia terhadap kelahiaran Nabi Muhammad Saw. berarti ia berbahagia terhadap rahmat Allah, karena keberadaan Nabi Muhammad merupakan rahmatan lil ‘alamin. “Jangan pernah meremehkan Maulid Nabi, siapapun kita, setinggi apapun jabatan kita,” tutur KH. Taufiqurrahman.

Sebagaimana diceritakan bahwa Abu Lahab saja yang sudah dinyatakan pasti masuk neraka dalam Al Quran, mendapat keringanan siksaan setiap hari Senin karena rasa bahagianya terhadap kelahiran Nabi Muhammad Saw. sampai ia memerdekakan budaknya. juga menceritakan beberapa kisah yang menunjukkan betapa besarnya keutamaan maulid Nabi Muhammad Saw. “Jangan meremehkan maulid Nabi Muhammad Saw,” pesan pengasuh ponpes Sunan Ampel Jombang ini.

Pemberian ijazah Hadis Musalsal dipimpin langsung oleh KH. Taufiqurrahman. Hadis yang diijazahkan yakni hadis tentang dua ayat terakhir dalam surat Al-Baqarah. Sebelum mengijazahkan beliau juga menjelaskan tentang keutamaan-kutamaan dari ayat tersebut. Di antaranya adalah dapat melindungi dari keburukan jin dan manusia. Di samping keutamaan tersebut, ayat ini diriwayatkan oleh Nabi Muhammad Saw secara lansung dari Allah Swt. ketika mi’roj di Sidrotul Muntaha.

Acara ditutup oleh pukul 21.55 waktu Indonesia barat. Pondok Al Hasyim ini diasuh oleh KH. Nur Hannan, Lc, M.HI yang juga merupakan Mudir Ma’had Aly Hasyim Asy’ari. (Alfi Barokah/Himayatul Husna)

Comments are closed.