Peringati Isra’ Mi’raj dengan Bedah Kitab Karya KH. Hasyim As’ari

Ma'had Aly Hasyim Asy'ari  Tebuireng adakan bedah kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jama'ah, karangan dari hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari, dalam rangka memperingati hari besar Islam dan Isra’ Mi’raj 1440 H, Rabu (03/04/2019). Acara ini, mendatangkan Ustadz Nur Rohmat, S.Ag., M.HI dari Mojokerto sebagai pemateri dan Dr. KH. Ahmad Musta'in Syafi'i, Mudir Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng sebagai pembanding.

Sebelum Bedah Kitab dimulai, Ma'had Aly Hasyim Asy'ari (MAHA) adakan berbagai lomba antar mahasantri, seperti Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ), Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK), Pidato Bahasa Arab, dan pula lomba Desain Poster Lomba Isra’ Mi’raj 1440 H. Serangkaian acara ini, dimulai sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB dan diikuti oleh seluruh mahasantri..

Selain itu, nampak pula grup banjari Ma’had Aly dan demo pidato bahasa Arab oleh salah satu mahasantri Ma’had Aly, As'ad Tamami, anggota grup Al Kawadir Al Musthofa (Kader-kader yang terpilih -grup pengembangan bahasa arab MAHA yang diketuai oleh Imam Makki, mahasantri semester 2 dan diasuh oleh Shodiq, mahasantri MAHA semester 4-) turut meramaikan acara sebelum Bedah Kitab dimulai.

Acara bedah kitab dimulai pukul 14.07 WIB dengan bacaan ummul kitab oleh pembawa acara, mahasantri semester 2, Yuyun Sasmita asal Lombok dan saudari Nurul Faisah asal Madura. Disusul dengan pembacaan kalam Ilahi oleh Muhammad Sadzali asal pulau Bali mahasantri semester dua, dan sambutan-sambutan. Untuk sambutan pertama, dibawakan oleh wakil Mudir Ma’had Aly, Syaikh Ahmad Syakir Ridwan, Lc., M.HI dan yang kedua, dibawakan oleh Syaikh Belal Mahmod Afifi Ghunaim, mab'ust dari Al-Azhar University Cairo, Mesir yang mengampu mata kuliah Tafsir Ayatul Ahkam dan Ushul Fiqh di Ma’had Aly Tebuireng.

Bedah Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah ini, diikuti oleh seluruh mahasantri MAHA serta banyak peserta luar kampus. Mereka berasal dari Pondok Pesantren sekitar Tebuireng atau wilayah Jombang sendiri dan adapula dari luar kota, yaitu santri Pesantren Al Amin Mojokerto. Hingga jumlah peserta yang hadir mencapai 100 orang.

“Semoga semangat kita dalam mencari ilmu dan mempelajarinya, semakin bertambah,” terang KH. Ahmad Syakir Ridwan di akhir sambutannya. (Eko/Fitrianti)

No Comments Yet.

Leave a comment