Pesan-Pesan Syaikh An Ninowy bagi Pelajar

(Senin, 28/09/2020) Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng, Jombang mengadakan Seminar Internasional yang bekerja sama dengan Madina Institute Indonesia. Seminar ini bertema "How to be a Traditional Ulama in the Age of Internet” كيف تكون علماء تقليديين في عصر الإنترنيت dengan Syaikh Dr. Muhammad Al-Ninowy (Founder Madina Institute and Author of The Book of Love) sebagai narasumber.

Acara seminar ini bersifat umum dan dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan diikuti oleh para dosen, seluruh mahasantri Ma'had Aly Hasyim Asy'ari serta partisipan umum lainnya. Sebelum acara seminar ini berlangsung, ada juga acara tahlil dan do'a bersama untuk mendo'akan para masyayikh Pesantren Tebuireng. Pukul 19.30 WIB seminar dimulai oleh Dr. Anang Firdaus (salah satu dosen Ma'had Aly Hasyim Asy'ari) yang menjadi Host.

Dalam seminar tersebut Syaikh Dr. Muhammad  Al-Niwony berkata, "الأدب قبل الطلاب". Bahwa adab terlebih dahulu sebelum ilmu. Maknanya adalah ketika hendak belajar atau mencari ilmu perbaiki adab terlebih dahulu.

Beliau juga berpesan agar ilmu didapatkan melalui perantara guru seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Belajar yang baik adalah belajar dari seorang yang mahir di bidangnya, tidak asal mempelajari sesuatu melalui internet karena menurut pemaparan Beliau العلم berbeda dengan المعلومات.

Ilmu yakni tahaqqoq (selalu benar) sedang ma'lumat (info) yakni ada yang benar dan ada yang salah. Terlebih pada era digital ini disarankan agar lebih hati-hati dalam memilah mana ilmu dan mana yang info.

Acara tersebut ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Syaikh Dr. Muhammad Al-Niwony pada pukul 21.25 WIB dan dilanjutkan foto bersama oleh seluruh partisipan dengan cara screenshot layar di aplikasi Zoom. (Anisa, Dinar)

Comments are closed.