Blog

Planting, Program Kerja MENPAWA dalam Pengembangan Pemberdayaan Wanita

Planting MENPAWA DEMA22-min
Berita

Planting, Program Kerja MENPAWA dalam Pengembangan Pemberdayaan Wanita

Jombang,  Jum’at (24/06/2022). Mahasantri putri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang melaksanakan salah satu program kerja dari Menteri Pemberdayaan Wanita (MENPAWA), yaitu planting atau menanam tanaman. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Putri seblak Salafiyah Syafi’iyah Khoiriyah Hasyim pada pukul 08.30 WIB dan diikuti oleh 11 Mahasantri putri, 9 diantaranya merupakan perwakilan  dari setiap semester yakni semester 1, 3 dan 5. Dan 2 diantaranya merupakan perwakilan dari MENPAWA termasuk juga ketua panitia program.

 “Kegiatan ini bertujuan agar menjadikan lingkungan Ma’had Aly Hasyim Asy’ari semakin hijau dan asri, selain itu bunga-bunganya pun juga dapat di dijadikan sebagai hiasan panggung ketika ada acara nanti.” Ujar Fitri, selaku ketua panitia sekaligus PJ proker ini.

Adapun tanamannya terdiri dari 10 jenis, diantaranya ialah Keladi jaguar, keladi putih, spatupilim, singonium, homalonema, calathea, kriminil, kuping gajah, aglonema lipstik, dan bunga sumatra. Seluruh jumlahnya terdapat 14 pot bunga.

Cara yang dilakukan di kegiatan yang diketuai oleh Fitria Muktisari (semester 5) ini yaitu menyiapkan beberapa tanaman hias atau bunga, tanah bakar, sekam padi, pot dan air.

“Dikeluarkan dulu tanaman nya dari polybag, kemudian masukan sedikit tanah bakar kedalam pot baru, setelah itu letakkan bunganya pelan-pelan kedalam pot dan beri tanah bakar lagi sampai menutupi akarnya dan terakhir ditutup dengan sekam padi dan jangan lupa siram dengan air” kata Mbak Fitri, sambil memberikan contoh meletakkan tanaman dalam pot yang benar.

Setelah semuanya memperhatikan dengan seksama, mereka langsung mempraktikkan apa yang telah dicontohkan tadi. Mereka nampak sangat semangat dan senang mengerjakannya. Kegiatan mereka juga diabadikan oleh salah satu Mahasantri yang bertugas sebagai fotografer, Indri Oktaviana (semester 5).

Aulia Rohmatul Ummah, selaku sekertaris MENPAWA sekaligus sekertaris proker ini  juga memberikan alasan terkait penentuan program kerja ini :

“Alasan adanya planting itu yang pertama sebagai penghijauan kampus, agar terlihat lebih segar dan fresh.

2. Dengan adanya tanaman, melatih kepekaan kita terhadap lingkungan sekitar.

3. Sebagai investasi kampus kedepan, ketika ada acara tanaman tersebut bisa digunakan untuk hiasan tanpa harus meminjam ke yang lain”.

Lebih lanjut, Fitri juga menjelaskan harapan kedepannya terhadap program ini

“Harapan saya selama jadi menteri pemberdayaan perempuan itu bisa memberikan kontribusi langsung pada kampus dan saya berharap kita sebagai perempuan tidak hanya bisa mengaji melainkan juga bisa berkontribusi terhadap hal hal kewanitaan yang lain.”

Oleh : Novarischa

Leave your thought here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.