Puncak Acara Harlah ke-10 Ma’had Aly, Ditutup dengan Studium General

Sebagai puncak acara Harlah ke-10 Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng, BEM Ma’had Aly mengadakan Stadium General, Ahad(04/12/16). Acara yang dihelat di gedung Yusuf Hasyim ini menghadirkan oleh Dr. H. Agus Setiawan, Lc.MA sebagai narasumbernya.

Acara ini digelar dengan pengantar bahasa arab yang bertemakan “Dirasah al-Hadis an-Nabawi wa As-hamatuha Fi at Tasyri’ al Islami fi Indonesia (دراسات الحديث النبوي وإسهاماتها في التشريع الإسلامي في إندنيسيا)“.

Dalam acara ini, DR. Agus memaparkan tentang keterkaitan Hadis dan Al-Quran Al-Karim. Beliau menjelaskan bahwa di antara keterkaitannya yaitu bahwa hadis sebagai penguat yang ada di Al-Quran. “Allah akan menjaga hadis sebagaimana Allah menjaga Al-Quran Al-Karim.”, Tuturnya dengan bahasa Arab.

“Hal ini seperti yang disebutkan oleh Allah dalam kalamNya: وما ينطق عن الهوى إن هو الّا وحي يوحى,”, tambahnya. Dr. Agus, dosen Ilmu Hadis ini juga menerangkan tentang para ulama Indonesia yang mengarang kitab-kitab hadis, seperti Syaikh Mahfudz at-Turmusy.

Para mahasantri dan para dosen begitu khidmat dan antusias dalam mengikuti acara tersebut. “Stadium General yang membahas kajian hadis ini, sesuai dengan prodi Ma’had Aly Hasyim Asy’ari yang sekarang” ucap Fatih, ketua panitia harlah “

“Dengan adanya acara ini bisa menambah ghirrah, semangat para mahasantri khususnya dalam mendalami ilmu Hadis, yang mana juga merupakan icon dari pesantren Tebuireng.” Harapnya. (Nur Ifana/Ali Ridho)

No Comments Yet.

Leave a comment