DOSEN MAB’US

Dosen Mab’us adalah istilah untuk dosen bantu dari luar negeri yang mengajar di Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari. Selama ini Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari telah menerima dua dosen mab’uts dari Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Dua dosen mab’uts ini mengajar di Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari dalam periode 3 tahun. Bukan hanya di Ma’had ‘Aly, kualitas mereka sebagai Syaikh memberi mereka wewenang untuk mengajar di beberapa unit di Pesantren Tebuireng, seperti di MTs Salafiyah Syafi’iyah dan MA Salafiyah Syafi’iyah. Mereka juga dipercaya pihak pondok untuk menjadi imam shalat lima waktu dan khatib shalat Jum’at.

Dua dosen mab’uts ini antara lain, Syaikh Mohamed Khedr Ibrohem Aboel Nashr yang mengajar selama periode tahun 2010-2013, dan selanjutnya digantikan oleh Syaikh Wahed Mohamed Fareed Jabollah Elmahdy yang mengajar selama perode tahun 2013-2016. Selanjutnya, dosen mab’uts dari Uniersitas Al-Azhar akan datang pada tahun ini untuk menggantikan Syaikh Wahed yang telah kembali ke negaranya pada tahun 2016.

Kedatangan dosen bantu dari luar negeri ini sangatlah membantu proses perkuliahan di Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari. Penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa utama pembelajaran, membuat proses transfer ilmu bisa dirasakan lebih hidup oleh kedua pihak, baik mahasantri maupun dosen sendiri. Bagi mahasantri, mereka dapat mendapatkan tambahan mufradat dan penggunaan serta pelafalan bahasa arab yang benar, karena adanya dosen yang berbahasa arab dan merupakan orang arab asli. Sedangkan bagi dosen, mereka bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman dengan mengajar mahasantri yang tidak senegara dan berbahasa berbeda dengannya.