Studi Hadis dan Ilmu Hadis

Hadis dan Ilmu Hadis merupakan progam studi Ma'had Aly Hasyim Asy'ari. Setiap Ma'had Aly diharuskan memilih satu progam studi dan Ma'had Aly Hasyim Asy'ari memilih studi hadis dan ilmu hadis sebagai progam studinya. Hal itu dilatarbelakangi oleh keinginan meneruskan perjuangan Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari dalam mengajarkan ilmu hadis di Indonesia. Selain itu, progam studi tersebut juga cenderung sedang mengalami kelangkaan peminat.

Urgensitas penguasaan hadis dan ilmu hadis dalam kelestarian agama Islam tidak diragukan lagi. Hadis yang menempati posisi kedua dalam sumber hukum Islam harus terus dipelajari oleh orang Islam. Selain itu hadis juga merupakan dokumentasi hidup Nabi yang dijaga secara turun-temurun oleh ulama muslim selama ini. Tanpa menguasai hadis, masyarakat muslim akan berjarak dengan sember hukum dan Nabinya.

Sebagai lembaga pendidikan yang dikhususkan mencetak kader ulama di Indonesia, harus ada Ma'had Aly yang mempelajari hadis dan ilmu hadis. Di sinilah letak keunggulan Ma'had Aly Hasyim Asy'ari. Progam studi hadis dan ilmu hadis digarap oleh Ma'had Aly dalam rangka menjaga khazanah keilmuan Islam di atas. Di antara tiga belas Ma'had Aly di Indonesia, hanya Ma'had Aly Hasyim Asy'ari yang menyelenggarakan progam studi hadis dan ilmu hadis.