PENGEMBANGAN BAHASA

Pada tahun akademik 2017/2018, pimpinan Ma'had Aly Masyim Asy'ari Tebuireng mengadakan matrikulasi untuk mahasantri baru. Hal ini dilakukan setelah diadakan evaluasi perkuliahan pada tahun sebelumnya. Mengingat juga tahun ini Ma'had Aly Hasyim Asy'ari telah resmi membuka dua kelas.

Program matrikulasi bertujuan untuk meningkatkan skill mahasantri dan kemampuan bahasa arab serta baca kitab sebelum mereka memulai perkuliahan. Materi bahasa Arab dan baca kitab memang dinilai sangat urgen, dikarenakan bahasa pengantar dan referensi yang digunakan di Ma'had Aly Hasyim Asy'ari adalah bahasa Arab. Makalah, tugas, jawaban soal dan skripsi pun harus ditulis dengan bahasa tersebut.

Hal ini merupakan upaya serius civitas akademika Ma'had Aly dalam membenahi dan meningkatkan kualitas pengajaran dan perkuliahan di Ma'had Aly. Sehingga dalam kuliah pertamanya, para mahasantri diharapkan sudah bisa menyesuaikan diri dan turn on dalam proses perkuliahan dengan lancar. Baik dalam memahami penjelasan dosen, menulis makalah, presentasi makalah, maupun diskusi kelas. Tentu semua itu dilakukan dengan bahasa Arab.