UKM

Terhitung hingga sekarang ada lima UKM yang masih eksis di Ma’had Aly Hasyim Asy’ari yaitu:

  1. UKM Ladies Discuss (LD) adalah wadah bagi mahasantri putri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari untuk berekspresi dalam beberapa kegiatan selain pada jam mata kuliah, semisal seni dan keterampilan, diskusi bersama, dan beberapa kegiatan positif yang lain. Kegiatan biasa dilakukan seminggu sekali.
  2. UKM Pencak Silat adalah wadah bagi para mahasantri untuk melatih jasmani dan rohani melalui olahraga pencak silat. Di sini para mahasantri diberi ketrampilan untuk membela diri dan kesenian dalam pencak silat. Jadwal kegiatan dilakukan seminggu sekali.
  3. UKM Forum Bahtsul Masa’il (FBM) adalah wadah bagi mahasantri untuk berdiskusi ala Nahdlatul Ulama. Bahtsul Masa’il adalah saling bertukar argumen melalui pendapat-pendapat para ulama yang diambil dari kitab-kitab turats dan nantinya akan memunculkan kesepakatan hukum yang diambil. Bathsul Masa’il dominan membahas masalah fikih dan hal yang berhubungan dengannya. Kegiatan ini biasa dilakukan seminggu sekali.
  4. UKM English Arabic Movement (EAM) adalah wadah bagi mahasantri untuk mengembangkan potensi dalam berbahasa asing. Mulai mempelajari dari teori bahasa sampai  praktik berbahasa asing. Kegiatan ini dilaksanakan seminggu sekali.
  5. UKM MAHA Media adalah wadah bagi mahasantri untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang tulis-menulis. Disini ketrampilan menulis mahasantri mendapat apresiasi dengan adanya buletin MAHA Media, dengan selang waktu dua bulan, yang diterbitkan oleh UKM ini.