Blog

LP2M Adakan Coaching Copy Editor Jurnal Nabawi

Img 20240509 Wa0001
Berita

LP2M Adakan Coaching Copy Editor Jurnal Nabawi

Rabu (08/05/2024), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Ma’had Aly Hasyim Asy’ari (MAHA) adakan kegiatan coaching editor sekaligus open recruitment copy editor baru Jurnal Nabawi. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala LP2M MAHA, Ustadz Abdillah Afabih, Wakil Mudir Bidang Akademik MAHA, Dr. Mohamad Anang Firdaus, S.A., M.Pd., segenap pengelola Jurnal Nabawi, dan beberapa mahasantri yang mendaftar pelatihan tersebut.

Ustadz Afabih mengatakan, “Dahulu, NABAWI: Journal of Hadith Studies, atau yang kita kenal dengan Jurnal Nabawi dibuat oleh tiga orang. Bersama Dr. Anang, saya dan Ustadz Maulanida menggarap projek pembuatan jurnal tersebut.”

Kepala LP2M MAHA ini juga menuturkan bahwa Jurnal Nabawi dibuat agar MAHA dapat diakui setara dengan Perguruan Tinggi Islam lainnya di Indonesia. “Layaknya Perguruan Tinggi Islam di luar sana, Jurnal Nabawi menjadi bukti bahwa MAHA juga turut andil dalam menghidupkan semangat penelitian di dunia perkuliahan,” pungkas Ustadz Afabih.

Kegiatan ini turut dihadiri copy editor Jurnal Nabawi Masa Abdi 2023/2024. Ahmad Mutawakkil dan Riski Amaliah merupakan mahasantri yang menjadi copy editor Jurnal Nabawi sejak setahun yang lalu. Mutawakkil menuturkan, “Sebelum masa abdi kami sebagai copy editor Jurnal Nabawi selesai, kami ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap pengelola Jurnal Nabawi yang telah membimbing kami setahun ini. Banyak ilmu baru yang kami dapatkan. Insyaallah, semua ilmu yang kami serap di sini akan sangat membantu kami di masa depan”.

Saat penuturan kesan-kesan dari Mutawakkil dan Riski selesai, kegiatan berlanjut dengan penyerahan sertifikat copy editor Jurnal Nabawi kepada keduanya. Wakil Mudir Mudir Bidang Akademik MAHA, Dr. Anang mengatakan, “Dengan adanya Jurnal Nabawi, kita siap bersaing dengan Perguruan Tinggi Islam manapun. Tentunya, semua ini kita lakukan semata-semata untuk Ma’had Aly Hasyim Asy’ari.”

Setelah semua sambutan selesai, kegiatan pelatihan calon copy editor Jurnal Nabawi dimulai. Dari pelatihan ini, nantinya akan diambil dua mahasantri sebagai copy editor Jurnal Nabawi Masa Abdi 2024/2025.

Img 20240509 Wa0003
Img 20240509 Wa0004

Kontributor: Syifa’ Q.