Blog

Perbaruan Kerja Sama Pendidikan Tinggi dengan IAIN Kudus

Whatsapp Image 2024 05 22 At 06.06.07
Berita

Perbaruan Kerja Sama Pendidikan Tinggi dengan IAIN Kudus

Kerja sama Ma’had Aly Hasyim Asy’ari (MAHA) dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus sudah sejak tahun 2022. Mudir MAHA dan Rektor IAIN Kudus melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (Memorandum of Agreement/MoA) yang baru pada Selasa (20/05/2024).

Rektor IAIN Kudus, Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.Si, berangkat bersama 14 jajaran dan dosennya ke MAHA dengan 3 armada mobil. Sampai di kampus, langsung disambut oleh Mudir MAHA dan Wakil Mudir Bidang Akademik, Dr. M. Anang Firdaus, M.Pd. Kegiatan penanda tanganan ini diawali dengan sambutan Rektor IAIN Kudus.

Prof. Abdurrahman menyampaikan, “Testimoni dari dosen-dosen kami bahwa ma’had aly ini luar biasa (bagus).” Pernyataan ini berdasarkan dari proses ujian terbuka MAHA yang mengundang dosen IAIN Kudus sebagai penguji terbuka munaqasyah (sidang/ujian) skripsi.

Kemampuan bagus mahasantri dalam mempertahankan argumen dan proses persidangannya. Munaqasyah skripsi di MAHA menggunakan bahasa Arab, teks skripsi berbahasa Arab dan komunikasi penguji dan peserta ujian memakai bahasa Arab. “Saya belum pernah ikut menguji, tapi pernah mendengarkan dosen kami yang menguji,” terang Prof. Abdurrohman.

Mudir MAHA, KH. Ahmad Roziqi, Lc., M.H.I, mengungkapkan bahwa ma’had aly juga perlu belajar ke IAIN Kudus tentang metodologi. “Kita perlu belajar metodologi ke sana. Bagaimana turos bisa dianalisis dengan metode yang baru,” papar Yai Roziqi.

Beliau menyampaikan potensi turos yang ada di Indonesia itu tinggi. Sebagai perbandingan, rujukan turos di  luar negeri itu seperti Al Azhar (Mesir) dan Maroko. Harapannya potensi turos di ma’had aly semakin berkembang dan jadi rujukan.

Terdapat dua kerja sama yang ditandatangani oleh Mudir MAHA, yakni MAHA dengan IAIN Kudus dan MAHA dengan Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus. Namun Dekan Fakultas Ushuluddin berhalangan hadir dalam pertemuan ini.

Kerja sama ini langsung dipraktikkan dengan adanya Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Rabu, (22/05/2024). Sekitar 175 mahasiswa IAIN Kudus akan melaksanakan PKL di kampus MAHA.

Whatsapp Image 2024 05 22 At 06.06.40
Whatsapp Image 2024 05 22 At 06.07.21